Ini Kecanggihan Teknologi Fiber Optik yang Dipakai untuk CCTV


Publik Tanah Air, Senin (7/12/2020) dikejutkan dengan konperensi pers polisi di Polda Metro Jaya. Polisi menyatakan telah menembak mati 6 anggota Front Pembela Islam (FPI) di tol Jakarta-Cikampek. Saat berikutnya, public menanyakan mengenai closed circuit television (CCTV) di lokasi kejadian.

Sementara itu, PT Jasa Marga, sebagai operator tol Jakarta-Cikampek, dalam siaran menyatakan, CCTV di lokasi kejadian rusak. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, beberapa CCTV di wilayah jalan Tol Jakarta – Cikampek saat ini sedang dilakukan perbaikan akibat putusnya kabel fiber optik pada wilayah ruas Karawang Barat hingga Cikampek.

Lalu bagaimana dengan kecanggihan CCTV di tol Jakarta-Cikampek? Diketahui kabel optik memiliki gangguan yang sedikit. Fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya.

Lebih aman, karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun. Fiber optik dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika dibandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumya. Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal), jika diperlukan repeater, biasanya akan diletakkan di jarak yang jauh (sekitar 50-100 km).

Kabel fiber optik memiliki beberapa lapisan seperti Core, Cladding, dan Buffer Coating. Core merupakan bagian inti yang terbuat dari serat kaca atau plastik yang tipis, lapisan ini berguna sebagai saluran berjalannya cahaya. Cladding merupakan lapisan yang menutupi Core dan berfungsi sebagai pemantul kembali cahaya yang mengarah keluar agar kembali ke dalam Core. Sedangkan Buffer Coating merupakan lapisan yang berfungsi melindungi Core dan Cladding dari kerusakan.

Teknologi fiber optik kini juga sudah mulai dipakai di Indonesia pada jaringan telepon dan internet, salah satu perusahaan yang telah memakai teknologi fiber optik adalah Telkom Indonesia dan digunakan pada produknya yang bernama Indihome Fiber. Namun belum semua daerah bisa menikmati layanan fiber optik ini.

Sumber : https://tekno.sindonews.com

Info CCTV

Comments are disabled.