Pantau Pembuang Sampah, DLH Kota Serang Usul Pasang CCTV


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Banten, Ipiyanto mengaku intens melakukan kordinasi dengan Walikota dan Wakil Walikota Serang untuk penanganan sampah.

Masalah sampah, kata dia, menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Serang yang saat ini dipimpin Syafrudin dan Subadri. Persoalan sampah juga bukan hanya tugas pemerintah namun dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Ipiyanto mengatakan, agar program penanganan sampah bisa bisa sukses, pihaknya minta dukungan fasilitas, seperti  pemasangan CCTV di sejumlah lokasi untuk mengungkap pelaku pembuang sampah sembarangan.

“Mudah-mudahan walikota dan dapat mendukung program kami. Kami juga punya keinginan menyukseskan persoalan sampah. Mislnya memasang CCTV di titik rawan dijadikan tepat pembuangan sampah liar,” katanya Ipiyanto, Kamis (24/10/2019).

Ipiyanto menyatakan, sampai hari ini pihaknya terus melakukan penjagaan di sejumlah lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar. Bahkan pihaknya melakukan pemantauan hingga malam hari.

“Kan tidak seharusnya dilakukan seperti itu. Namun dengan cara itu mungkin akan memberikan suatu proses pembelajaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Ipiyanto menyatakan, pihaknya akan memproses secara hukum bagi pelaku pembuang sampah sembarangan. Pemberian sanksi bagi pembuang sampah sembarangan, kata dia, juga salah satu visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang.

“Persoalan sampah bukan hanya persoalan DLH dan Pemkot Serang, tapi semua punya tanggung jawab. Kalau punya konsep sebesar apapan, sebesar apapun juga biayanya tanpa dukungan dari masyarakat, akan sia-sia,” jelasnya.(Adi/Difa)

 

Sumber : https://www.redaksi24.com

Info CCTV

Comments are disabled.