Pemkot akan Pasang CCTV di Monumen Tembolak


Setelah kejadian perusakan pot bunga di jalan bebas hambatan lingkar Selatan Kota Mataram menuju Lombok Barat, awal September lalu, Pemkot Mataram akan memang CCTV (Closed Circuit Television) untuk memantau keamanan di lokasi tersebut. Pemkot juga memasang CCTV di titik-titik lokasi yang dianggap strategis dan urgen.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, I Nyoman Suwandiyase menyampaikan, untuk pemasangan itu (CCTV), komunikasi awal dengan Dinas Perkim kita akan memasang CCTV di kawasan itu karena sangat urgen,” jelasnya kepada Suara NTB, Rabu, 25 September 2019. Pemasangan tersebut lanjut Nyoman, Pemkot akan memasang di 2 titik di sekitar Tembolak.

Jumlah CCTV di area strategis Kota Mataram jelas Nyoman, Pemkot baru memasang di 15 titik. Untuk pemasangan CCTV di area Tembolak, Kominfo sendiri saat ini akan menunggu anggaran dari Pemkot. “Dari APBD perubahan tidak bisa, karena anggarannya sudah diketok,” jelasnya.

Estimasi anggaran pemasangan CCTV lanjut Nyoman, untuk pemasangan satu paket CCTV dengan monitornya dan bandwitdth dinilai tidak terlalu mahal.“Untuk pemasangan dua CCTV tadi belum pasti (berapa harganya). Kalau ada di 1 titik sektar Rp300 ribu, sama kayak indyhome,” paparnya.

Pada tahun 2020 nanti, jika pemasangan CCTV di Tembolak belum terlaksana, Kominfo akan memindahkan CCTV yang tidak efektif di beberapa area di Kota Mataram untuk dipindahkan ke Tembolak. “Misalkan beberapa titik yang sudah terpasang dan tidak efektif lagi, umpamanya kayak di Karang Taliwang. Karena sudah kondusif mungkin bisa kita pindah,” jelasnya.

Setelah pemasangan nanti, Kominfo akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk memantaunya. “Nanti untuk pemantauan keamanan CCTV, kita suruh kelurahan dan kecamatan untuk memantaunya di lapangan. Ini juga sudah dibahas juga sama pak Wali,” demikian Nyoman. (viq)

 

Sumber : https://www.suarantb.com

Info CCTV

Comments are disabled.